Apa Yang Terjadi Jika AS Gagal Bayar Utang?

Saat ini AS sedang dilanda hutang negara dengan jumlah yang sangat besar, hal tersebut membuat negara tersebut tidak sanggup membayar per bulan Oktober.

Bahkan karena hal tersebut, pemerintah AS mengatkan bahwa mereka bisa jika kehabisan uang jika harus digunnakan untuk melakukan pembayaran utang tersebut.

Menurut data yang dikeluarkan datalab.usapending.gov mencatat bahwa total utang yang dimiliki AS mencapai 26,95 trilius US Dollar attau setara dengan 384.03 ribu trilliun rupiah.

Hal tersebut diperparah dengan dampak yang terjadi apabila negara yang dijuluki Paman Sam tersebut gagal bayar, Mark Zandi menungkapkan akan muncul bencana baru yang melanda perekonomian AS yang saat ini sedang tahap pemulihan.

“Ini adalah bencana keuangan yang sangat besar,” kata Zandi. Gagal bayar utang ini juga nantinya akan menjerumuskan AS ke jurang resesi baru yang lebih dalam.

Efek yang paling terasa apabila kejadian tersebut terjadi adalah nasib dari 6 juta orang yang akan kehilangan pekerjaan mereka. Hal tersebut membuat angka pengangurann bisa mencapai 9 persen.

Apa yang akan terjadi apabila utang AS tidak sanggup dibayar?, maka akan menciptakan juga dampak negatif kehanncuran di pasar keuangan serta membuat harga dari saham terganggu.

MenKeu AS yaitu Janet Yellen sudah mengatakan ia telah menyampaikann peringatan mengenai kondisi yang dibilang sangat gawat ini serta meminta seluruh parlemen untuk meningkatkann batas utang.

Namun hingga saat ini, justru perdebatan yang tidak ada ujungnya terus terjadi. Dimana partai republik menolak permintaan dari MenKeu dengan lasan khawatir dengan pengeluaran pemerintah AS itu sendiri.

Jika Kongres gagal meningkatkan pagu uang dan MenKeu gagal membayar utang tersebut, maka pasar akan bereaksi buruh dan kejadian resesi seperti tahunn 2008 bisa terjadi kembali.

Dampak buruk tidak hanya sampai disitu, masih ada skenario paling burung yaitu apabila parlemenn tidak meningkatkan plafon utang dan masih terjadi kebuntuan, maka hal tersebut akan memaksa pemrintah AS menunda bantuan stimulus.

AS yang terancam tidak mampu membayar utang ini akan menimbulkan kerugian di berbagai sektor. AS sebagai negara adidaya merupakan mitra dagang dari banyak negara, salah satunya adalah Indonesia. Lantas hal buruk apa yang akan menimpa Indonesia?

Piter Abdullah selaku direktur dari CORE Indonesia mengatakan bahwa jika hal tersebut terjadi memang dampaknya tidak langsung dirasakan oleh Indonesia, ia juga menambahkan apabila AS gagal membayar maka akan terjadi guncangan hebat pada ekonomi global.

Dari hal tersebut nantinya akan berdampak kepada negara-negara berkembang lainnya seperti Indonesia, ia menambahkan bahwa Indonesia juga tidak memiliki terlalu banyak surat hutang yanng diterbitkan oleh AS, dan bahkan tidak punya.

Piter menyebut, jika AS gagal bayar maka harga surat utang yang dimiliki oleh banyak negara seperti China dan Jepang ini harganya akan jatuh.

“Nah surat utang pemerintah AS itu akan jadi junk bond kalau gagal bayar. Semua negara yang pegang akan melepas, ini membuat harga akan semakin jatuh dan pasti memukul ekonomi AS,” jelas dia saat dihubungi detikcom, Kamis 23 September 2021.