Anak Muda? Yuk Mulai Investasi Dengan Cara Berikut!

Mempunyai investasi sendiri di pasar finansial sekarang ini memang seakan jadi gaya hidup yang produktif di kalangan anak muda maupun pekerja pemula. Awalnya, kebanyakan orang menganggap bahwa investasi itu hanya bisa dilakukan oleh kalangan usia matang. Padahal, hal tersebut sama sekali tak benar. Bahkan, saat ini Indonesia juga makin banyak didominasi oleh kelompok usia muda loh. Kalau kalian juga mau jadi salah satu bagian investor muda, maka di bawah ini kami akan berikan beberapa cara untuk memulai Investasi yang mudah.

1.Disiplin

Disiplin

Saat berinvestasi, kalian juga butuh strategi yang pas. Strategi ini akan bisa membantu kalian mengoptimalkan modal yang kalian punya supaya bisa mendapatkan target investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan kalian. Jangan lupa untuk selalu lakukan evaluasi kinerja investasi kalian dengan berkala tiap semesternya. Kalian bisa cek lewat hasil investasi yang biasanya rutin dikirimkan oleh sekuritas maupun manajer investasi kalian.

2.Tujuan

Tujuan

Tujuan keuangan sederhananya merupakan sebuah kondisi yang mau diwujudkan dari target dana finansial tertentu di periode tertentu juga. Dengan punya tujuan keuangan, maka cara investasi yang bisa kalian lakukan bisa lebih terarah karena punya target serta strategi yang jelas. Tujuan keuangan juga bisa kalian bagi menurut target waktunya. Misalnya kalau kalian ingin menabung untuk liburan akhir tahun, untuk membeli rumah, dan lain sebagainya.

3.Buka Rekening Investasi

Buka Rekening Investasi

Untuk bisa berinvestasi ke dalam pasar modal, kalian harus punya dulu rekening investasi, cara membukanya juga tak susah loh. Kalian bisa lakukan lewat lembaga keuangan yang pas, misalnya di perusahaan sekuritas kalau kalian mau main saham atau perusahaan manajer investasi kalau mau investasi reksana dana secara online. Nantinya, mereka akan meminta beberapa data kalian seperti KTP, rekening bank, NPWP, dan lain – lain sesuai dengan kebijakan mereka.

4.Paham

Paham

Sebelum nyemplung ke dunia investasi, tentu saja kalian harus paham dan tahu dulu apa itu investasi, bagaimana cara kerjanya, serta bagaimana risikonya. Hal ini dilakukan agar kita tak sembarangan mengambil langkah dalam berinvestasi.

5.Tentukan Instrumennya

Tentukan Instrumennya

Kalian juga harus menentukan pilihan instrument investasi apa yang akan tepat sesuai dengan tujuan keuangan kalian sebelumnya. Hal ini penting karena pasti akan memberikan pengaruh penilaian kepada risiko dari sebuah instrument investasi beserta efektivitasnya untuk membantu kalian agar bisa mendapatkan target dana yan kalian tentukan sebelumnya. Kalau kalian berencana mendapatkan uang dalam 3 tahun kedepan misalnya, kalian bisa memilih investasi yang tingkat risikonya rendah menengah.

Itulah beberapa tips untuk memulai investasi bagi kalian yang mungkin masih pemula dan masih bingung. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat.